Sunday, May 3, 2009

2007

Kembali ke masalah kronologis...
Tiba-tiba kemarin salah satu teman angkatanku mengirim imel melalui milis, yang isinya dia minta tolong namanya dihapus saja dari milis, karena berdasarkan imelnya, milis IMG itu membuat inboxnya penuh dengan imel2 sampah.
Pertama baca imel itu emang cukup bikin shock, terutama karena bahasanya yang cukup frontal dan menantang. Padahal, menurutku dia juga ga tau persis kondisinya kaya gimana sekarang.
Timo : Tahu nggak kamu kondisi sekarang kaya gimana? Tahu ga kamu posisi IMG07 sekarang gimana? Peduli nggak kamu sama temen angkatanmu sendiri?
Ini kalimat yang aku inget persis pernah aku omongin langsung di depan mukanya si Timo ini : Jangan nyusahin orang lain lah mo, jangan nyusahin angkatan lo, jangan nyusahin gw.
Kalimat itu terucap sewaktu osjur, dalam kondisi yang menurut Timo kami "memaksanya" untuk ikut osjur demi masuk IMG.
Dan sekarang, dari sudut pandangku, dia melakukan hal yang sama persis seperti waktu itu. Berbuat tanpa memikirkan efek buat temen-temennya sendiri. Mungkin dia ga sadar, bahwa apa yang dilakukannya akan menjadi sebuah generalisasi umum terhadap angkatan IMG07.
Sebenarnya ini juga kesalahan kami yang mengakui diri sebagai teman si Timo ini, dimana beberapa dari kami menyadari keadaan yang sebenarnya dan cukup tahu dalam pikiran masing-masing apa yang perlu dan tidak perlu untuk dilakukan dalam keadaan seperti ini. Kesalahannya adalah tidak pernah tersosialisasikannya hal ini kepada semua teman-teman kami.

Lalu tiba-tiba hal ini kembali berujung kepada masalah kronologis kejadian sewaktu IMG07 dilantik itu. Kembali ke masalah kematian Alm. Wisnu. Entah bagaimana, sebenarnya menurutku ini semua tidak ada hubungannya dengan kejadian itu lagi. Banyak teman-temanku yang bertindak, menurut bahasa kami, "setengah hati", di IMG ini karena masih tersandung masalah keraguan akan kronologis kejadian malam itu. Memang masih ada sesuatu yang ditutupi oleh beberapa pihak terkait mengenai kronologis kejadian malam itu. Kronologis yang tidak sampai tercatat ke berita acara demi keberlangsungan IMG saat itu. Itu yang ada di pikiran hampir semua teman-temanku, dan aku.
Masalahnya sekarang, apapun yang ditutupi itu, apakah benar itu yang menjadi penyebab kematiannya?
Ini adalah sebuah pertanyaan, yang sudah terlalu lama mengendap di kepala hingga untuk beberapa otak, ini sudah bukan lagi menjadi pertanyaan tapi suatu keyakinan. Jadi keadaanya sekarang begini, seakan-akan teman-temanku meminta jawaban yang sesuai dengan apa yang ada di kepala mereka.
Padahal, jawaban apapun yang mungkin esok terlontar, tak akan ada yang tahu itu suatu kebenaran atau kebohongan.
Kalau terlontar jawaban yang tidak sesuai dengan apa yang ada di kepala masing-masing (baca: jawaban yang tidak diharapkan), mereka akan bertindak semakin "setengah hati" karena menganggap tidak ada kejujuran di IMG, bahwa slogan "Pengecut Tidak Layak Berada Disini" hanyalah suatu bualan belaka.
Kalau terlontar jawaban yang sesuai dengan yang ada di kepala masing-masing (baca: jawaban yang diharapkan), mereka akan berpikir untuk apa berada dalam satu himpunan dengan orang-orang seperti itu? Orang-orang yang membunuh saudara kami sendiri?

Mana yang lebih baik diantara 2 opsi tersebut?

Aku hanya ragu masalah kronologis ini akan menyelesaikan segala permasalahan kita. Memang benar kita mengejar kejujuran. Tapi apakah itu cukup untuk menimbulkan kembali motivasi kita memilih IMG, motivasi yang dulu hilang, atau bahkan memang tidak ada? Atau semua hanya pelarian karena memang kita yang tak mau masuk lebih dalam?
Satu hal yang aku tahu persis, aku mau masuk IMG karena aku mau terus bisa bersama teman-temanku di 2007. Bualan semata tentang kontribusi terhadap IMG. Aku tek pernah peduli terhadap hal itu, apalagi menjadikannya motivasi.
Karena itu, aku merasa cukup dengan keadaan seperti ini. Lakukan apapun yang ingin kita lakukan. Himpunan, ikatan, apapun itu, adalah hal lain. Yang penting kita, 2007..Apa yang ada diantara kita sendiri, itu yang penting..

No comments: