Saturday, May 16, 2009

Kerja Rodi

Akhirnya, tadi malam adalah malam pertama gw bisa tidur secara normal di kosan bersama Caca, setelah sebelumnya 2 malam berturut-turut mengerjakan laporan IUT maha dahsyat di kosan Barnes hampir tanpa tidur. Maha dahsyat emang laporan praktikum kali ini. Dipenuhi dengan banyak titik detail yang jumlahnya mencapai ratusan, perhitungan yang ribetnya minta ampun, dan mencapai rekor penciptaan manipulasi yang paling heboh. Kami bahkan mengadakan data yang tidak ada! Benar-benar ekstrim. Semua karena melakukan praktikum tanpa dilandasi teori yang kuat, apalagi paham apa maksudnya, bagaimana mengolahnya nanti, dan lain sebagainya. Jadilah hasil yang kami dapat ternyata ada beberapa data yang belum terambil dari lapangan. Tapi, sekali lagi, karena kami memang kelompok yang juga maha dahsyat, semua bisa terselesaikan. Gw merasa bisa melewati praktikum sedahsyat apapun lagi ke depannya nanti karena bisa menyelesaikan laporan yang satu ini. Sungguh.

Jadi pada hari pertama, yaitu hari Rabu siang, gw, Ramdit dan Barnes mulai mengerjakan laporan dari sore harinya. Berniat menyelesaikan laporan pada hari itu juga, gw dan Ramdit memutuskan untuk menginap di kosan Barnes. Mengerjakan sampai jam setengah 4 pagi, ditemani Meng yang malam itu juga datang. Sadar dengan kenyataan kami harus kuliah IUT jam 7 paginya, kami berusaha memanfaatkan waktu beberapa jam yang tersisa itu untuk tidur. Lumayan, tidur 3 jam. Maka Kamis pagi itu kami sukses sampai ke kampus tanpa telat. Kuliah IUT, lanjut kuliah Hiper. Selesai kuliah siang, tadinya kami berencana untuk melaksanakan satu praktikum IUT terakhir yaitu palnetable yang deadline pengumpulannya juga adalah besok, hari Jumat. Ternyata siang itu hujan mengguyur, jadilah kami memutuskan untuk balik ke kosan Barnes kembali menyelesaikan laporan dan praktikum dilaksanakan keesokan paginya saja, tepat pada hari pengumpulan (what a deadliner!). Langsung ke kosan Barnes, tanpa pulang ke kosan atau melakukan hal lain. Begitu sampai, tidur siang sebentar, dan mulai bekerja lagi saat sore harinya. Diselingi makan fuyunghai dari MCCF yang entah bagaimana bumbunya nyaris seperti selai strobery. Mulai sadar ada beberapa data yang terlewat, sehingga ada beberapa perhitungan yang tidak bisa dilakukan. Mulai manipulasi, putar otak bagaimana menggunakan sistem yang menurut istilah Barnes, bernama sistem backside terbalik, yaitu dari hasil perhitungan yang telah kami ketahui dicari bagaimana proses perhitungannya. Istilahnya, dari output kita bisa mendapatkan input. Hmmmmm....terdengar sederhana namun begitu ribet. Malam harinya mulai memasukkan data dari hasil pengolahan data itu ke program untuk dibuat petanya. Proses yang lagi-lagi memakan waktu sampai jam 4 pagi, dan belum selesai pula. Proses ini sempat diselingi acara pergi ke burjo bareng Barnes dan Yanes, makan indomie rebus dan ngopi. Berusaha santai, tidur saja, masih bisa dikerjakan pagi dan siangnya. Jadilah kami tidur. Bangun jam 9 pagi pada hari Jumat, yang merupakan deadline pengumpulan kedua laporan tersebut, siap-siap praktikum planetable. Berangkat praktikum ke kampus tanpa mandi tanpa makan. Langsung mulai praktikum, yang ternyata memakan waktu cukup lama, melenceng dari bayangan kami sebelumnya. Jadilah, untuk efisiensi waktu karena kami masih harus menyelesaikan laporan yang belum selesai, diputuskan lagi-lagi kami mencari "cara inovatif yang lebih efektif" untuk menyelesaikan praktikum kali ini. Akhirnya, selesai! Langsung kembali ke kosan Barnes, berusaha menyelesaikan laporan yang akhirnya baru selesai malam hari.

Semua dilakukan tanpa makan, perut kembung cuma diisi air seharian. Langsung pulang ke kosan begitu selesai, dan akhirnya makan. Makan pertama dari seharian itu. Paraaaaaaaaaaaah. Ini baru namanya kerja rodi saudara-saudara!

No comments: