Tuesday, February 8, 2011

The Best Defense

Menurut saya, ini adalah bentuk pertahanan diri terbaik yang bisa dilakukan oleh seseorang : Jangan terlibat terlalu dalam, dalam kasus apapun.

Seperti kata pepatah, sesuatu yang berlebihan itu tidak pernah menjadi sesuatu yang baik.
Salah satu contoh misalnya, berlebihan dalam mempercayai sesuatu bisa membuatmu menjadi seorang fanatik. Dan itu adalah langkah awal untuk kehilangan akal sehatmu, dimana kamu akan merasa bahwa kepercayaanmu adalah yang paling benar hingga kepercayaan yang lain harus musnah dari muka bumi, apapun caranya.

Contoh yang lain, berlebihan dalam mencintai seseorang sampai ke tingkat yang hanya ada di dongeng dimana kamu bisa bahagia sepanjang hayat dengan pilihanmu. Karena terkadang, kebahagiaan bukan ada di tangan kita untuk kita raih, dan bahagia terkadang bukanlah suatu pilihan. Intinya, terkadang kamu tidak bahagia. Terkadang kamu bisa disakiti. Jadi jangan posisikan dirimu di atas jurang dimana kamu tidak punya pilihan lain selain mati saat akhirnya terjatuh ke tanah. Pilihan terbaik adalah jangan sampai berada di atas jurang itu, jadi kalaupun akhirnya kamu terjatuh, kamu tidak akan mati.

Satu contoh lagi, berlebihan dalam menikmati suatu keadaan. Penah mendengar pepatah yang mengatakan bahwa kita, sebagai manusia perlu untuk belajar hidup susah? Saya pernah mendengarnya dari seseorang, dan menurut saya pepatah ini tepat sekali dan harus selalu diingat. Pernah hidup senang? Rasanya gampang, kan? Ya karena untuk menikmati hidup senang itu memang tidak perlu melalui proses pembelajaran. Siapa sih yang tidak bisa bersenang-senang? Masalahnya adalah jika suatu saat ternyata kehidupan berputar dan kehidupan yang menyenangkan itu menghilang tergantikan oleh kehidupan yang susah, kehidupan yang tidak lagi terlalu menyenangkan untuk dijalani. Kalau kita berlebihan dalam menikmati masa-masa hidup bahagia sebelumnya, kemungkinan besar kita akan mengalami kesulitan dalam menjalani hidup yang satu ini. Kita mungkin tidak akan pernah tahu bagaimana untuk membuat si hidup susah yang kita jalani itu menjadi terasa menyenangkan. Intinya, jadi manusia jangan takabur, merasa hidup akan selalu menyenangkan dan selalu mudah. Who knows what gonna happen next, right?

Dengan semua hal buruk yang mungkin terjadi di hidup kita, rasanya untuk tidak terlibat terlalu dalam memang adalah suatu bentuk pertahanan yang efektif untuk melindungi diri kita sendiri.


PS : Hari ini, 8 Februari 2011, adalah hari ulang tahun kedua saya dan teman-teman dalam satu wadah Geodesi 2007. Selamat ulang tahun, meskipun hari lahir kita memang bukanlah hari paling membahagiakan untuk dirayakan. Hari lahir kita ada untuk diingat, dikenang, dan didoakan. Jangan lupa jaga diri kalian masing-masing. :)

1 comment:

raras said...

abooooooooooottttt